Friday, August 10, 2012

Story: Aku dan teknik Sipil (dan Teknik Lingkungan)


Debutku berkiprah di dunia per-Teknik Sipil -an terbilang sangat baru malah saya emang mahasiswa baru di tahun 2012 ini, saya adalah mahasiswa baru teknik sipil lulusan UMB USU 2012.



Sebenarnya sebelum saya memilih masuk ke prodi ini saya telah diterima di prodi baru Universitas Sumatera Utara pecahan dari teknik sipil yaitu Teknik Lingkunganmelalui jalur SNMPTN Tulis '12 . Prodi ini masihlah sangat baru dan masih belum mempunyai tempat perkuliahan permanen di lahan Universitas. Teknik lingkungan baru dibentuk setelah SK dari Rektor besar USU bapak Prof.Syahril Pasaribu pada tahun 2011. (Mohon maaf jika salah penulisan gelar dan nama)

Awalnya saya udah komit ke prodi ini, serta boro-boro mencari artikel mengenai materi lingkungan yang memang susah didapat di internet , saya bahkan membuat grup Teknik lingkungan USU sendiri di grup facebook dan menjadi admin serta satu teman ku Karina Nursyafira. Dalam benakku biarlah kami terombang-ambing dalam ketidakjelasan manatau terjadi nanti mengingat prodi ini baru asalkan kami jadi mahasiswa pertama disitu dan emang bidang tek.lingkungan ini minatku juga (kimia,Biologi), soal duit masadepan dan lapangan kerja itu belakangan karna kuliahkan tempat belajar bukan sarana pemasti masadepan. Asalkan SDM nya baik maka masadepannya juga oke bukan tergantung prodinya kan??


Teknik lingkungan memang dikabarkan menjadi prodi berprosopek kedepan dikarenakan kekhawatiran global mengenai Global warming. tapi di Indonesia kesadaran pemerintahnya mengenai hal ini masih sangat minim membuatku ragu. Di negara broadway sana mungkin semua udah diwajibkan malah peduli lingkungan.


Aku udah daftar PMB, segala prosesi pendaftaran telah dilaksanakan, tinggal menunggu ospek atas nama tek.lingkungan. 31 Juli 2012 Aku menyelesaikan prosesi KA Tes TOFL Maba Teknik lingkungan. Tanggal itu jugalah pengumuman UMB USU 12. tepatnya pukul 6 Sore. Dan aku akhirnya setelah mengecek di situs UMB aku diterima di prodi TEKNIK SIPIL!


Teknik Sipil memang juga salah satu prodi pilihan saat aku masih labil dalam memilih prodi dulu. Pilihanku ada 3 teratas. Lingkungan, Sipil. dan Informatika.tapi aku awalnya telah komit dan saat itu aku memperjuangan idealku dalam lingkungan, tapi keluarga semua menginfusku dengan jurus"mautnya (prospek,kejelasan,dsb) Lagian ayahku lulusan Teknik Sipil USU juga. dan masih aktif dalam kegiatan alumni sipil usu (IKATSI USU) . Ayahku Ir.Burhan Batubara mendorongku untuk mengambil sipil. dilain sisi tsb, ayahku juga mempunyai Perusahaan konsultan Sipil  dan adalah seorang aktifis teknik sipil yang dikenal. aku diharapkan mampu meneruskan seluruh yang telah dibangun ayahku tadi, serta dipikirlagi aku dengan gampang memperoleh tambahan ilmu sipil dan bacaan ayahku yang lama. Dikarenakan konfirmasi pendaftaran hanya 3 hari sejak pengumuman aku pun didera kondisi yang bisa disebut krisis otak.

TEKNIK SIPIL VS TEKNIK LINGKUNGAN. Kedua prodi ini aku sangat minati, tetapi aku ingin menjadi tonggak baru di prodi yang baru serta membangun debutku sendiri tanpa intervensi ayah. ternyata dikalahkan oleh pemikiran-pemikiranku yang rasional dan logis serta penalaran yg benar matang dan melalui Shalat istikharah. Aku hanya berharap aku memilih apa yang dikehendaki Allah SWT yang terbaik saat itu, dan setelahnya .


Alhasil setelah segalanya dipertimbangkan aku pun meilih sipil sebagai prodi yang akan ku timba dalam insyaAllah 4 tahun  kedepan kalo bisa  (secepatnya dong). Tetapi hal ini membuatku merasa sedikit ga enak dgn teman-teman Tek.lingkungan ku dan calon teman disitu. apalagi si uwak kawanku satutu, kami berencana menjadi mahasiswa lingkungan paling aktif telah luluh oleh SIPIL


Yah sekali lagi kuulangin
"Yg memastikan orang itu sukses ialah kualitas SDM nya, bukan studi yg ia pilih"
Kedua itu aku suka, tapi aku kan gak mungkin bergelar ST kuadrat?? lulusan S1 dobel hahahaha

Dan akupun menjalani segala prosesi pendaftaran ulang, dan mengganti namaku di PMB teknik 12 USU yang diketuai Andi Suranta Sembiring Meilala.

Apapun pilihannya tetap ikhtiar dan doa penentunya
- Iqbal BB mahasiswa Sipil '12 USU

Terimakasih telah membaca ya abg kakak senior, temen temen, dan orang yang belum kenal
Semoga juga berguna bagi adek adek di taon depan sebagai bahan pertimbangannya atau sekedar nambah wawasan doang boleh:)

Wassalam.



1 comment:

  1. hallo kaa, apakah boleh sharing atau sekedar bertanya tentang ilmu sipil?
    makasih.

    ReplyDelete